Berita Terbaru

JB-ITC Competition

SHIFT VIRTUAL REALITY

Teknologi belakangan ini mengalami perkembangan salah satu contohnya adalah virtual reality (Maya & Realitas). saat ini teknologi ini marak dibicarakan entah itu di bidang medis, hiburan, dan lain lain. Penasaran yuk baca artikel kami ? ☺

Shift virtual reality tersebut kami terapkan pada berbagai bidang yang salah satunya pada bidang medis dan kedokteran Cikidot..
Rabu, 10 Agustus 2016

Sejarah Virtual Reality

Kita sudah tau apa itu Virtual Reality Seperti yang dimuat diartikel sebelumnya tapa apakaha kalian tahu mengenai asal - usul Virtual Reality. Mari kita simak sama - sama :).

  1. Di abad yang sama, tepatnya 1838, Charles Wheatstone mendemonstrasikan bahwa otak memproses dua gambar 2D berbeda di masing-masing mata. Ia kemudian menciptakan View-Master stereoscope untuk "turis virtual". Konsep ini yang digunakan di Google Cardboad masa kini.
  2. Di 1929, Edward Link menciptakan Link Trainer yang merupakan simulator penerbangan dan seluruhnya electromechanical. Alat ini digunakan oleh calon pilot untuk pelatihan kemampuan selama masa Perang Dunia II.
  3. Pada pertengahan1950-an, Morton Heilig mengembangkan sensorama, teater kecil yang menstimulasi semua indera. Ia dibekali layar 3D, kipas angin, generator bau, dan kursi bergetar sehingga penonton film bisa menikmati film dengan pengalaman nyata.
  4. layar VR di kepala pertama diciptakan pada 1960. Heilig menciptakan Telesphere Mask  dan head-mounted display (HMD) sebagai medium menonton film tanpa bisa berinteraksi dengan pergerakan. Headset itu hanya menampilkan pemandangan 3D.
  5. Setahun berikutnya, barulah VR yang bisa mendeteksi gerakan diciptakan oleh dua teknisi Philco Corporation. Pada 1968, Ivan Sutherland dan muridnya Bob Sproull menciptakan VR/ AR menciptakan VR pertama yang tidak perlu terhubung ke komputer atau kamera. Namun bentuknya sangat besar dan terlalu berat.
  6. 1972: General Electric mengembangkan simulator komputer pertama untuk penerbangan.
  7. 1977: Sayre Gloves pertama kali didokumentasikan.
  8. 1979: Militer mulai bereksperimen dengan headset simulasi
  9. 1980: Peta interaktif virtual pertama dibuat
  10. 1981: Thomas Furnes mengembangkan “Virtual Cockpit”
  11. 1985: Pengembangan sistem praktis pertama dari viewfinder stereo, kendati telah tercipta, nama virtual reality lahir pada 1987 ketika Jaron Lanier, penemu visual programming lab (VPL) membuatnya. Lanier kemudian menciptakan banyak range virtual reality termasuk Dataglove, EyePhone, dan menjual Virtual Reality gogles serta gloves.
  12. 1990: Surge Sense8 ditemukan oleh Pat Gelband
  13. 1991: W. Industries membangun Virtuality, dengan headset dan kacamata untuk melihat
  14. VR kemudian muncul dalam karya-karya fiksi ilmiah seperti di film Startrek dan lainnya. Namun SEGA menjadi perusahaan yang mengumumkan kacamata protipe VR pertama pada ajang CES 
  15. 1993: Sayangnya, mereka tak berhasil menyelesaikan masalah teknis yang dihadapinya untuk memberikan pengalaman baru pada gamers ini.
  16. 1995: Nintendo merilis “Virtual Boy”
  17. 1997: Pengembangan perangkat yang memungkinkan untuk melakukan eksperimen gerakan nyata dalam sebuah cabina
  18. 2003: Pembuatan dunia 3D paling terkenal “Second life”
  19. 2004: Google membeli Earth-view
  20. 2005: Nintendo Wii diluncurkan
  21. 2012: Oculus Rift, sebuah perangkat virtual reality untuk game dan penggunaan profesional dibuat.
  22. 2014: Munculnya headset virtual reality Sony Project Morpheus
  23. 2016: Sekitar 10.000.000 orang akan menggunakan headsets VR      
Selain SEGA, Nintendo juga memiliki Virtual Boy untuk konsol gaming 3D. Namun gagal karena kurang baiknya grafis dan warna yang hanya tersedia di hitam dan putih. Sedikit pula software yang mendukung konsol ini sehingga produksinya dihentikan hanya setahun setelah peluncuran.

Belum lama ini, perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Google telah merilis produk sederhana untuk pengalaman 3D yang bernama Cardboard. Samsung memiliki Galaxy Gear sementara Facebook memiliki Oculus Rift. HTC telah merilis Vive sementara Sony segera merilis PlayStation VR dan Microsoft dengan Hololens, sedangkan Lenovo memproduksi VR untuk smartphone yang bernama ANTVR.

So, menarik bukan sejarah mengenai teknologi Virtual Reality? Terima kasih telah membaca artikel kami : ), jika ada kurangnya silahkan berikan kritik dan saran di kolom komentar.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sejarah Virtual Reality Rating: 5 Reviewed By: SMK ISLAM IT EDUCATION