Berita Terbaru

JB-ITC Competition

SHIFT VIRTUAL REALITY

Teknologi belakangan ini mengalami perkembangan salah satu contohnya adalah virtual reality (Maya & Realitas). saat ini teknologi ini marak dibicarakan entah itu di bidang medis, hiburan, dan lain lain. Penasaran yuk baca artikel kami ? ☺

Shift virtual reality tersebut kami terapkan pada berbagai bidang yang salah satunya pada bidang medis dan kedokteran Cikidot..
Jumat, 26 Agustus 2016

Komponen Pembentuk Virtual Reality

Untuk menikmati Virtual Reality (VR), kita butuh perangkat yang disebut VR headset. Ada apa aja sih komponen yang di dalamnya? Penasaran yuk kita simak.

Dalam headset virtual reality terdapat sebuah komponen – komponen utamanya seperti Display, Cover, Lensa dan lain – lain untuk lebih lengkapnya mengenai komponen pembentuknya seperti yang kami sebutkan berikut ini.
  1. Display / HD Display, monitor untuk menampilkan proyeksi gambar 3D. Di perangkat Samsung VR Gear dan Google Cardboard, monitor yang digunakan adalah smartphone dengan aplikasi penunjang Virtual Reality. Sementara itu, Oculus Rift, menggunakan layar HD ( High Definition ) dengan sudut 100 derajat.
  2. Cover, penutup display pada Headset. Di dalamnya terdapat sensor tracking seperti head tracking, motion tracking, dan eye tracking. Jika display perangkat dalam keadaan terpisah, cover ini tidak diperlukan.
  3. Spons / Foam Padding, bantalan untuk kepala agar dalam penggunaannya tidak cepat merasa pusing dan akan terasa nyaman untuk diapakai bagi penggunanya. 
  4. Lensa / Lenses, berupa lensa khusus yang sifatnya bikonveks atau cembung-cembung. Lensa akan memfokuskan dan membentuk gambar agar terlihat lebih nyata. Lalu, dibuat view 3D dengan memposisikan dua gambar sama seperti saat mata kita menangkap cahaya atau pemandangan.
  5. Dial Pengatur jarak penglihatan pengguna, dari visualisasi 3D dan Virtual Reality.
  6. Papan Sirkuit / Circuit Board, pada Oculus Rift, motherboard-nya berisi ARM processor dan chip pengontrol LED. Rift juga dilengkapi Adjacent Reality Tracker, dengan fitur magnetometer, gyroscope dan accelerometer.

Tadi adalah komponen headset Virtual Reality yang pada umumnya. Selain itu ada beberapa headset yang komponennya tidak terlalu rumit seperti Cardboard, headset ala google yang terbuat dari kardus. Cardboard bisa dibuat dengan tangan sendiri, jadi kita memiliki dana yang minim kita bisa membuatnya dari barang – barang bekas seperti yang kami sebutkan berikut ini.

Pertama-tama siapkan Bahan utama yaitu:
  1. Cardboard/Kardus/Karton Tebal dengan ukuran minimum: 8.75in (22cm) dengan 22in (56cm), dan 0.06in (1.5mm) ketebalan. Dapat dibeli di toko peralatan seni.
  2. Magnet Neodymium Satu cincin, ukuran perkiraan: 0.75in (19mm) diameter dan 0.12in (3mm) ketebalan. Dapat dibeli di KASKUS.
  3. Lensa, merupakan komponen yang paling sulit dicari. Lensa yang memiliki jarak fokus 40mm kerja. Lensa cembung ganda bekerja terbaik karena mereka mencegah distorsi di sekitar tepi. Dapat dibeli di Toko Kacamata atau Amazon.
  4. Velcro, dua strip reguler kekuatan perekat . Ukuran perkiraan: 0.75in (20mm) oleh 1.25in (30mm). Dapat dibeli di KASKUS.
  5. Karet Gelang, pilih karet yang kuat! Banyak yang menjual.
  6. NFC Tag (Opsional), satu stiker tag NFC. Dapat dibeli do Amazon.

Langkah-Langkah :

Download desain cardboard KLIK DISINI
Langkah selanjutnya unduh appsnya di Android GOOGLE PLAY STORE atau CHROMETerdapat beberapa fitur seperti:
  • Earth : Terbang di mana sobat dibawa ke tempat di Google Earth.
  • Tour Guide : Kunjungi Versailles dengan pemandu lokal.
  • My Videos : Menonton video Anda pada layar besar.
  • Exhibit : Periksa artefak budaya dari setiap sudut.
  • Photo Sphere : Lihatlah hasil Photo Spheres yang sobat tangkap.
  • Windy Day : Ikuti kisah dalam animasi interaktif.

Lipat Cardboard seperti ini yang ada di bawah ini :


Selesai Cardboard buatan sendiri sudah jadi.

Itu tadi adalah beberapa komponen - komponen penyusun teknologi Virtual Reality. Sekarang sudah paham bukan mengenai komponen teknologi Virtual Reality?. Terima kasih telah membaca artikel kami : ), jika ada kurangnya silahkan berikan kritik dan saran di kolom komentar.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Komponen Pembentuk Virtual Reality Rating: 5 Reviewed By: SMK ISLAM IT EDUCATION