Berita Terbaru

JB-ITC Competition

SHIFT VIRTUAL REALITY

Teknologi belakangan ini mengalami perkembangan salah satu contohnya adalah virtual reality (Maya & Realitas). saat ini teknologi ini marak dibicarakan entah itu di bidang medis, hiburan, dan lain lain. Penasaran yuk baca artikel kami ? ☺

Shift virtual reality tersebut kami terapkan pada berbagai bidang yang salah satunya pada bidang medis dan kedokteran Cikidot..
Rabu, 10 Agustus 2016

Apa itu Virtual Reality?

Pernah dengar Virtual Reality atau yang biasa disebut dengan VR? Apa kalian tahu tentang teknologi Virtual Reality? Pada belum tau?. So mari kita simak baik – baik mengenai teknologi Virtual Reality yang mempunyai segudang manfaat.


Teknologi pada zaman sekarang memang berkembang sangat cepat. Banyak para pesaing yang menciptakan dan mengembangkan sebuah teknologi yang baru untuk mempermudah dalam suatu kegiatan. Seperti Virtual Reality yang manfaatnya sangat banyak untuk membantu setiap orang dalam berbagai bidang. Dan dapat menjadi teknologi yang sangat menghemat waktu , peralatan dan biaya.

Virtual reality (VR) adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer maupun smartphone. Di dalam lingkungan Virtual Reality umumnya menyajikan pengalaman visual yang luar biasa, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik maupun smartphone, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone dan bisa dikembangkan lagi dengan penambahan indera peraba. Menurut ilmuwan komputer, Jonathan Steuer, telepresence ini akan menimbulkan sensasi dimana pengguna menjadi tidak merasakan lingkungan sekitar dan membuat anda fokus pada keberadaan di dalam lingkungan virtual.

Saat ini beberapa teknologi Virtual Reality sudah mengembangkan bebarapa sistem baru seperti indera peraba. Jadi para pemakai dapat saling berhubungan dengan suatu lingkungan sebetulnya. Lingkungan yang ditirukan akan tampak seperti nyata, sebagai contoh, simulasi untuk pilot atau pelatihan pertempuran, atau dapat sangat berbeda dengan kenyataan, seperti di Virtual Reality game.Tetapi, sekarang ini sangat sulit untuk menciptakan pengalaman Virtual Reality dengan kejernihan tinggi, karena keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra dan lebar pita komunikasi. Bagaimanapun, pembatasan itu diharapkan untuk secepatnya diatasi dengan berkembangnya pengolah, pencitraan dan teknologi komunikasi data yang menjadi lebih hemat biaya dan lebih kuat dari waktu ke waktu.

PERKIRAAN MASA DEPAN

Menurut Michael Abrash, terdapat beberapa tantangan yang akan dihadapi agar sistem virtual reality yang handal dapat terwujud. Saat ini aspek yang bersifat visual dari virtual reality bisa dibilang hampir siap untuk diluncurkan ke publik. Namun masih terdapat area lainnya yang membutuhkan solusi yaitu 3D audio, haptics atau komunikasi non-verbal, body tracking, dan input.

Virtual Reality di masa depan kemungkinan grafiknya akan segera menjangkau titik realisme (nyata). Audio Virtual Reality akan ditingkatkan menjadi tingkat dimana audionya seperti halnya di dunia nyata, dan hampir bisa dipastikan dalam wujud diatas headphone telinga yang ada. Kemungkinan dimasa depan Virtual Reality akan menyajikan sistem indera tambahan seperti indera peraba, indera penciuman dan indera perasa yang lebih baik dari yang sekarang. Di kedepannya bisa dipastikan bahwa antara Virtual Reality dengan dunia nyata hampir tidak bisa dibedakkan. Virtual Reality bisa jadi hal terbaik dalam hal bisnis karena kita bisa mempromosikan sebuah produk maupun dari jasa dari Virtual Reality karena sudah dilengkapi berbagai macam indera. Dan dapat dijadikan metode terbaik untuk melakukan simulasi di era masa depan.

Kemungkinan terbesar di kedepannya  adalah Virtual Reality menjadi akan menjadi fulldive. Yang bisa membuat dunia virtual yang sempurna. Maka dari itu kami mendukung para ilmuwan untuk mengekedepankan teknologi ini untuk kemudahan di masa yang akan datang.

So, menarik bukan teknologi Virtual Reality? Itu tadi adalah beberapa pengertian yang menjelaskan mengenai teknologi Virtual Reality. Terima kasih telah membaca artikel kami : ), jika ada kurangnya silahkan berikan kritik dan saran di kolom komentar.

Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Apa itu Virtual Reality? Rating: 5 Reviewed By: SMK ISLAM IT EDUCATION